Senin, 30 April 2012

Lubang Resapan Biopori.... apa kabarnya?



Seperti yang ditulis di tulisan sebelum ini, biopori adalah lubang-lubang kecil pada tanah yang terbentuk oleh aktivitas makhluk hidup dalam tanah. Lubang-lubang ini akan terisi oleh udara dan menjadi tempat berlalunya air sehingga meningkatkan daya serap tanah terhadap air.  Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah biopori adalah dengan membuat LRB pada permukaan tanah untuk meningkatkan jumlah biopori dalam tanah.

Beberapa tahun belakangan ini, banyak acara digelar dengan label "go green". Salah satu kegiatan di dalamnya adalah pembuatan LRB.Artinya sudah banyak LRB yang dibuat. Lubang-lubang ini baru dapat berfungsi sebagai resapan biopori jika diisi dengan sampah organik. Sampah ini menjadi makanan bagi makhluk-makhluk dalam tanah sehingga tetap hidup dan aktif bergerak membuat lubang-lubang kecil disekitar LRB. Dengan aktifnya makhluk hidup dalam tanah di sekitar LRB, maka jumlah biopori akan meningkat terus. Dengan demikian LRB dan biopori bersama-sama akan meningkatkan daya serap tanah terhadap air.

Mudah-mudahan pembuatan LRB-LRB selama ini bukan sekedar kegiatan seremonial belaka dan tidak dilanjutkan dengan menghidupkan LRB. Apakah LRB-LRB di rumah Anda masih terus diisi sampah? 

Seperti yang dimuat dalam warta jemaat gki surya utama 15 april 2012 (dengan penyesuaian)
go green Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar di sini