Senin, 30 April 2012

Mari membuat Lubang Resapan Biopori




Bila di rumah Anda belum ada LRB, Anda dapat membuatnya sendiri. Pembuatan LRB bukanlah hal yang sulit. Dengan menggunakan bor tanah, satu lubang dapat dibuat dalam waktu 10 sampai 20 menit, tergantung kekerasan tanah. Ada beberapa bor tanah di gereja yang dapat dipinjam untuk membuat LRB-LRB.
Lubang dapat dibuat di pekarangan, di dasar saluran air buangan, bahkan di tempat yang sudah dicor semen. Bila ada perbedaan tinggi tanah, LRB dibuat di bagian paling rendah agar air dapat mengalir masuk kedalam lubang. Jarak antar lubang sekitar 3 hingga 4 meter.

Disain bor tanah dibuat sedemikian rupa sehingga dapat membuat lubang berdiameter 10 cm. Mata bor terdiri atas 2 buah pisau yang ujung-ujungnya menyatu membentuk lubang berbentuk seperti mata. LRB dibuat dengan cara memutar bor tanah searah jarum jam.  Bila bor diputar di dalam tanah, kedua pisau ini akan mengeruk tanah yang dilalui dan tanah hasil kerukan akan berkumpul di tengah-tengah lubang mata bor. Setiap kali tanah yang terkeruk ini harus dilepaskan supaya mata pisau dapat mengambil tanah lagi hingga mencapai kedalaman 80 - 100 cm. Lebih dalam dari itu tidak ada gunanya, karena oksigen sudah sangat tipis, jadi tidak memungkinkan bagi kehidupan. 

Agar tanah di sekitar lubang tidak longsor, sekeliling tepi lubang disemen. Di atas lubang bisa diletakkan  pot tanaman untuk mencegah orang terperosok. Pot ini juga berfungsi untuk mencegah kucing atau anjing mengais-ngais  isi LRB. 

Seperti yang dimual dalam warta jemaat gki surya utama 22 april 2012
go green Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar di sini