Selasa, 22 April 2008

Penggunaan minyak goreng bukan perilaku "hijau"

Jumat yang lalu aku mengunjungi Green Festival di Parkir Timur Senayan. Sesuai dengan anjuran rekan di milis Greenlifestyle, aku pergi naik kendaraan umum, karena aku pergi sendiri dan tidak ada temen yang bisa "ditebengi". Aku tiba di sana sebelum festival resmi dibuka. Bahkan "es" yang kuinjak ketika memasuki ruang pamer belum mengeluarkan bunyi berderak seperti ketika aku keluar (Hehe.. aku berjalan melawan arus waktu pulang. Tapi tidak ada yang menegur karena pameran memang belum dibuka dan pengunjung belum ramai).

Gaya hidup "hijau", yang bersahabat dengan bumi, dipaparkan dalam bentuk pameran yang menarik. Di sana ditampilkan "rumah hijau" yang bisa diciptakan mulai dari halaman rumah, penghuni garasi, ruang keluarga, kamar tidur, dapur, sampai kamar mandi dan tempat sampah. Petunjuk-petunjuk praktis dipasang di setiap ruangan untuk membuat rumah menjadi "hijau". Sebagian besar sudah aku tahu dan diterapkan di rumah. Tapi membaca tulisan-tulisan di tiap ruangan di pameran itu menggelorakan semangatku kembali untuk bertahan di jalur "hijau".

Ada 1 hal baru yang baru terpikir olehku pada saat melihat Green Festival, yaitu penggunaan minyak goreng ternyata bukan perilaku "hijau". Dengan alasan minyak goreng terbuat dari kelapa sawit yang berasal dari perkebunan-perkebunan yang dibuat dengan cara membabat hutan.Kemudian proses pengolahan kelapa sawit hingga menjadi minyak goreng menyebabkan terlepasnya gas CO2, salah satu gas pembentuk efek rumah kaca yang menyebabkan peningkatan suhu bumi. Setelah menjadi minyak goreng dan digunakan setidaknya 3 kali, jelantah ternyata menjadi sampah yang merusak tanah.

Satu lagi alasan untuk tidak banyak mengkonsumsi gorengan, selain karena alasan kesehatan.

go green Indonesia!

2 komentar:

  1. greenlifestyle.multiply.com9 Juni 2008 pukul 19.03

    halo...lam kenal...

    kalau tertarik dengan materi2 info di greenfest, bisa mampir di greenlifestyle.multiply.com

    atau klo tertarik dgn berbagai tips praktis utk jadi hijau...bisa gabung di milis greenlifestyle@googlegroups.com

    met jadi hijau,
    mel (juga)

    BalasHapus
  2. Mel,
    aku kenal dirimu karena aku juga ikut di milis gls, hanya jarang muncul saja. Info2 yang kudapat di milis betul2 memperkaya diriku. Thanks

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar di sini