Senin, 24 Oktober 2011

PLASTIK DAN MASALAH LINGKUNGAN YANG DITIMBULKANNYA 1

Penemuan plastik dan perkembangan teknologi pembuatannya merupakan langkah besar umat manusia. Dengan sifat-sifat yang ringan, kedap air dan udara, higienis, tahan karat, tidak bisa membusuk, sulit terurai secara alami, serta mudah diproduksi secara massal dengan harga murah, plastik menjadi pilihan favorit dalam segala bidang.

Sayangnya, keunggulan plastik dibanding bahan lain ini pula yang memjadikan plastik sebagai sumber masalah lingkungan yang rumit. Masalah lingkungan sudah dimulai sejak plastik diproduksi. Plastik dibuat dari polimer sintetis yang berbahan baku minyak bumi yang jumlahnya semakin terbatas. Proses pembuatan plastik melalui banyak tahap yang semuanya memerlukan bahan bakar fosil. Setelah jadi, pendistribusian produk plastik ke konsumen lagi-lagi memerlukan bahan bakar fosil.

Sebagian besar plastik berbentuk lembaran hanya digunakan 1 kali. Setelah digunakan, baik dibuang secara sembarangan, dibuang di tempat sampah, maupun dipilah dari sampah lain, plastik tetap menjadi sumber masalah lingkungan.

Bila dibuang sembarangan lalu masuk ke saluran air, akan terjadi pendangkalan sungai. Bila terbawa aliran sungai dan masuk ke laut akan membuat mati tersedak satwa laut yang mengiranya sebagai ubur-ubur, mangsanya. Bila terkumpul di dalam tanah akan membentuk lapisan kedap air sehingga mengganggu penyerapan air ke dalam tanah yang mengakibatkan banjir. Plastik yang ditumpuk di dalam tanah juga akan menyulitkan akar tanaman menjangkau air, sehingga mati. Bila dibuang di tempat sampah bersama sampah lain dan dibakar akan mengeluarkan gas-gas beracun.

Plastik memang murah dan praktis. Tapi tidak berarti harus dibuang setelah dipakai satu kali. Bila sudah tidak layak pakai lagi, pisahkan sampah plastik dengan sampah lainnya dan pastikan sampah plastik sampai kepada pihak yang dapat mendaur-ulangnya.

Dalam proses pemuatan di warta jemaat gki surya utama
go green Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar di sini