Senin, 24 Oktober 2011

PLASTIK DAN MASALAH LINGKUNGAN YANG DITIMBULKANNYA 2

Selama plastik masih dimanfaatkan, plastik akan diproduksi terus. Selama plastik masih diproduksi, sampah plastik akan ada terus. Sampah plastik menjadi masalah tak berujung saat ini sekalipun banyak ide kreatif yang muncul untuk mengatasinya.

Ide kreatif pertama yang banyak dilakukan di tingkat rumah tangga adalah memakai Kantong Plastik Kresek (selanjutnya disebut KPK saja) bekas belanja sebagai kantong penampung sampah. Faktanya lebih banyak KPK yang langsung dibuang setelah sekali pakai dibanding yang dimanfaatkan sebagai kantong sampah. Sampah rumah tangga dalam satu hari hanya memerlukan 1 atau 2 KPK. Padahal saat berbelanja ada 5 hingga 10 KPK yang diberikan oleh penjual, tergantung banyaknya belanjaan. Fakta lainnya adalah dijualnya kantong plastik khusus untuk sampah. Padahal sampah tidak memerlukan plastik dan hampir 100% KPK yang diproduksi akan menjadi sampah. Fakta-fakta ini membuat masalah sampah plastik semakin rumit dan tidak jelas ujung pangkalnya.

Untuk keluar dari kerumitan yang berputar di sekitar plastik sampah rumah tangga, jalannya hanyalah dengan mengurangi sampah sehingga kebutuhan KPK untuk menampung sampah juga berkurang. 90% sampah rumah tangga bisa dibuat kompos atau dipakai lebih lama atau didaur ulang. Kalau KPK tidak menjadi kebutuhan, maka tolaklah pemberian KPK dari penjual dan bawalah tas belanja sendiri dari rumah.

dalam proses pemuatan di warta jemaat gki surya utama


go green Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar di sini